Sabtu, 25 Mei 2013

Asbabun Nuzul Surat Ad-Dhuha

haaha
selama ini kita biasa membaca surat Dhuha pas sholat Dhuha ataupun sholat-sholat lainnya. terus pas telat, Bu Muhanifah nyuruh ngapalin surat ini. tapi kita nggak pernah tau dan mungkin nggak mau tau apa makna sebenernya dari surat Dhuha itu sendiri.

Surat Dhuha ini jadi salah satu surat faforit aku setelah aku tau artinya itu menyentuh banget lho :')
heehe... itu karena aku baca asbabun nuzul (sebab turunnya) surat Dhuha ini... heehe... nih buat kalian yang penasaran sama Asbabun Nuzul surat Dhuha:

Pada suatu hari jari Nabi Muhammad SAW. tertimpa sebuah batu. beliau tidak mengetahui siapa pelakunya. jari beliau bengkak dan luka. bengkak dan luka itu begitu menyakitkan beliau sehingga selama tiga hari beliau tidak keluar dari rumahnya karena demam. kabar tentang sakitnya Rasulullah SAW. sampai juga kepada Ummu Jamil istri Abu Lahab.
Ummu Jamil  datang pura-pura hendak menengok Nabi SAW. ia berkata dengan perkataan mengejek Nabi Muhammad SAW., "Wahai Muhammad, mengapa engkau tidak keluar rumah  dan tidak membawa berita yang ajaib? Saya menyangka bahwa setanmu sekarang telah meninggalkanmu karena aku tahu bahwa selama dua atau tiga hari ini ia tidak berkunjung kepadamu, dan barangkali dia sudah tidak sudi lagi mendekat kepadamu, atau barangkali dia telah marah kepadamu."
Ejekan Ummu Jamil ini seketika tersebar di kalangan kaum musyrikin Quraisy dan mereka senang ada yang mengejek Nabi Muhammad SAW.
Dengan demikian, mereka ingin menambah ejekan Ummu Jamil agar Nabi SAW. semakin sedih dan terhina. mereka menghina beliau seraya berkata, "Oh, sekarang Muhammad sangat malu telah ditinggalkan oleh Tuhannya karena Tuhannya telah memarahinya hingga Muhammad sangat malu keluar dari rumahnya untuk menampakkan air mukanya."
Ejekan ini menyebabkan beliau semakin berduka dan sakit hati. apalagi ejekan ini sudah tersiar di seluruh pelosok suku Quraisy dan tersebar di tengah-tengah masyarakat. Kemudian Allah SWT. menurunkan surah Ad-Dhuha guna menjawab perkataan orang-orang kafir Quraisy. Allah SWT. berfirman, "Demi waktu duha (ketika matahari naik sepenggalah), demi malam apabila telah sunyi, Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu. (Q.S. Ad-Dhuha 1-3) Nabi Muhammad SAW. merasa senang dan bergembira. duka di hati beliau pun lenyap. kemudian beliau membaca takbir dan bersyukur kepada Allah SWT. Tuhan yang Mahabesar.

kasihan Nabi Muhammad. aku aja beneran nggak percaya bacanya. yah tapi, emang susah banget perjuangan beliau buat menegakkan Agama Allah. tapi emang Allah yang bisa menjadi penenang di tengah kegalauan :)
aduh... hati mana tidak tersentuh membaca kisah itu.
Alhamdulillah saya makin cinta sama Allah
yah... buat kalian aku kasih bonus arti surat ini
siapa tau bisa menyenangkan perasaan kalian
sebagaimana senang perasaan aku.

1. Demi waktu duha (ketika matahari naik sepenggalah).
2. demi malam apabila telah sunyi,
3. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu.
4. dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang permulaan.
5. Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.
6. bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu).
7. dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung lalu dia memberi petunjuk.
8. dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan.
9. Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.
10. dan terhadap orang yang meminta-minta, janganlah engkau menghardik(nya).
11. dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)

Subhanallah...
aduh beneran ana nggak bisa berkata apa-apa lagi deh... aku kira karena sholat sunat Dhuha itu biasanya dihubungin dengan meminta rezeki aku pikir artinya pun kayak semacem gitu-gitu lah, ternyata dalam surat ini justru kita diperintahkan untuk menyantuni anak yatim dan fakir miskin. kita juga diingatkan untuk selalu bersyukur... Alhamdulillah... rasanya semua kegalauan aku tentang kak Fattah pun hilang karena surat ini...
pokoknya Allah is the best :* heeheehe
semoga postingan kali ini bermanfaat buat kalian dan bisa menambah rasa cinta dan keimanan kalian kepada Allah. heehe... Amiiieenn...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar