Selasa, 20 Desember 2011

Tragedi Kimia hari ini

Pengalaman dari saya yang tertarik sama nuklir tapi waktu nyari di internet malah ketemu artikel-artikel yang  bikin nambah ruwet, nambah nggak ngerti. Mungkin postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian yang juga penasaran apa sih itu nuklir? Terus dapetnya dari mana energy nuklir itu? Terus gimana-gimananya… soalnya tadi aku akhirnya ada kesempatan buat nanya sama guru les aku. Dan aku cukup SENANG soalnya aku sekarang nggak bingung lagi tentang nuklir, radioaktif sama segala macem itu:D.
Tapi sebelumnya aku pengen curhat dulu oo… :’( padahal tadi aku la beteriak seneng samo kimiaa…huuhuhuhuhuu…. Aku dah belajar kimia buat semesteran hari ini, yang aku dak ngerti la kutanyo galoo… samo guru les aku… tapi…tapi…tapiiiiiii……………..
AKU KESEL!!!!!!!! Ngapo yang kupelajari dak katek nian!!!! Sebenernyo ado tapi yang kupelajari tuh Cuma dikit masuknyo!!!!! Terus yang lainnyo aku lupo rumus…HUUHUHUUHUHUUHUHHUHUUUU….maaaamaaakkk…… npo lah otak aku tuh shorterm memory nian?!?!?!?HUUHUHUHUHUHUUUUUUUUUUUUU…. padahal aku la beteriak seneng kimia tadi……….MAAAAAMMAAAAAAAA
Mau pulang?mau ikut?ikut?ikut?-àiklan H***S
Maap, yah begitulah kira-kiraL
Oyo balek lagi ke nuklir. Ternyata nuklir itu bener ilmu kimia…prok..prok..prok…(tepuk tangan maksudnyo)
Jadi kato guru aku, yang ada di bawah tabel periodik itu nah yang kotaknyo warno ijo-ijo, atau warna apa ya? Pokoknyo seinget aku warna ijolah lantaklah situ..heehe,nah kukasih contohnyo be nah biar jelas kayak Cesium, Fransium, sama yang lain-lain. Ternyata itu adalah bentuk energy (yang mungkin saja itu berbentuk gas, tapi dak tau jugolah) nah mereka itu nggak ada di alam bebas. Tapi terkandung di dalam bumi. Soalnya memiliki tenaga yang sangat kuat, kalo sampe berinteraksi sama manusia mereka itu bisa merusak gen atau yang disebut mutasi gen gitu (waa cak film-film itu eh, kerens!!! Aku langsung teringet film HULK) nah itulah yang pancaran gelombangnya bisa menimbulkan yang namanya radiasi sinar gama, beta, alpa. Kata guru les aku, jangankan radiasi itu, radiasi ultraviolet aja bahaya buat kulit.
Nah, tapiii… karena tenaga mereka yang besar itu juga, bisa menguntungkan bagi Negara yang miskin akan hasil bumi seperti Jepang. Kalo kita kan banyak tambang minyak, batubara dan hasil bumi lainnya. Tapi bagi Jepang? Hmm… untung mereka ilmu tekhnologinya sangat maju jadi bisa menemukan yang namanya pembangkit listrik tenaga nuklir. Ialah mereka-mereka itu (mereka opo toh drtd mereka-mereka terus… maksudnya ya yang macem-macem cesium sama fransium itu) yang terkandung di dalam bumi, disedot terus dibikinlah reactor nuklir yang seperti itu, seperti itu lah pokoknyo…hoohohohoo,
heehe, aku cari di google ternyata warnanya nggak cuma ijo,
tapi biar suai omongan aku ambek yang warno ijo beh :D
itu nah jingoklah tabel bawah yang warna ijo.
 itu adalah unsur-unsur pembentik nuklir
Yah mungkin belum begitu jelas ya… sebenernyo aku nak ngasi tau lebih spesifik. Tapi aku nih susah nian nak ngerangkai kata-kata tuh, agek salah omong pulo bisa-bisa di-demo para scientist blog aku ini. Intinyo tenaga nuklir itu ialah tenaga dari unsur-unsur tersebut yang yang termasuk dalam radioaktif amen dak salah tuh… ah nah lupo lagi kann…..uuuuuuuhhhhhhgggg kesel aku napo pacak lupo tuh…. Yasudah. Tunggu aja penjelasan aku berikutnya lagi yak :D.
Wkwkwkwkwkwkwkwkwkk….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar